Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Sabtu, 23 Maret 2024

PaisLove Ramadhan Krembangan


 Pondok Romadhan Tingkat Kecamatan 


Surabaya. KKG PAI Kecamatan Krembangan dalam mengisi kegiatan Ramadhan, telah mengadakan Pondok Romadhan Tingkat Kecamatan yang bertempat di SDN Dupak 1, yang merupakan sekolah induk dari Ketua KKG Kecamatan Krembangan, Ustad Saipul Ilmi, S.Pd. (23/03/24)



Acara yang berlangsung selama 2 hari, mulai tanggal 22-23 Maret 2024 dengan dukungan pihak seluruh kepala sekolah Kecamatan Krembangan, yang terhimpun dalam K3S. Ibu Indah Suprihatin, MPd. Berhasil mendulang kesuksesan. Pasalnya dari 31 sekolah negeri dan swasta yang tersebar di seluruh Kecamatan Krembangan mengikutkan 1 pa dan 1 pi tiap sekolah, kecuali 5 sekolah nasrani. Jadi total seluruh peserta yang mengikuti acara Kegiatan Ramadhan Krembangan, 26 sekolah muslim. Total seluruh pesertanya 52 anak.



Acara yang dibuka secara resmi oleh Pengawas PAI Krembangan,  Kementerian Agama Surabaya, Pak Didik Purwanto, M.Pd, berpesan pada santri Pondok Romadhan untuk serius dalam mengikuti setiap kegiatannya. Agar mendapatkan ilmu dan pengalaman baru yang menjadi berkah. 



PaisLove Ramadhan merupakan pedoman Kementerian Agama agar bisa dilaksanakan seluruh GPAI dalam melaksanakan kegiatan selama ramadhan. Pondok Romadhan di sekolah maupun tingkatan lainnya. Krembangan pun dalam kegiatan Pondok Romadhan menggunakan pedoman tersebut. Cinta Puasa Ramadhan dengan terus memotivasi anak-anak untuk terus puasa magrib. Cinta mengaji, di dalam kegiatan Pondok Ramadhan, setelah shalat terawih, santri diajak tadarus dengan membentuk kelompok. Tiap kelompok terdiri 5 anak dan mendapat jatah 1 jus. Sehingga bisa khataman Al-quran. 



Cinta Ilmu, santri pun diajak menggali tentang puasa dengan materi yang menarik, yaitu berupa lagu yang disampaikan oleh Ustadz Ikhwanudin, S.Pd. Cinta rosul, santri diajak bersalawat dengan iringan alat musik yang dimainkan oleh peserta Pondok Romadhan. Cinta pondok, dengan mengajak peserta didik yang ada di Kecamatan Krembangan dengan giat Pondok Ramadhan, melatih anak untuk mandiri saat makan sahur dan makan berbuka. Yang terakhir Cinta Digital, bahwa peserta Pondok Romadhan diwajibkan membawa hp yang digunakan untuk mengerjakan pre test dan post tes melalui online.



Waktu yang 2 hari seakan tidak cukup menggunakan semua PaisLove seperti dalam pedoman. Namun tetap bermakna untuk peserta yang ikut. Semangat mereka semakin menyala ketika ada sesi multitalen. Mereka bisa unjuk kebolehan di depan santri. Penampilan yang dinilai langsung oleh panitia dan akan dipilih santri multitalen juara 1, 2 dan 3. Serta santri terbaik pa dan pi menjadikan mereka terus berlomba. Keberhasilan kegiatan tersebut tidak luput dari Sekum, Miftakhul Khoir, M.Pd yang menggodok setiap acaranya. (TimHumasSH)

Tidak ada komentar:

 
 
Blogger Templates