Social Icons

twitterfacebookgoogle pluslinkedinrss feedemail

Kamis, 17 Januari 2019

MANASIK HAJI CILIK SD BISMA DUA 2019

MANASIK HAJI CILIK SD BISMA DUA 2019


Bismillahirrahmanirrahim
Hari Rabu (16/1/19) telah dilaksanakan simulasi manasik haji cilik oleh 127 siswa dan 22 guru SD BISMA DUA Surabaya. 

Kegiatan ini merupakan program keagamaan rutinan yang dilaksanakan setiap satu tahun satu kali dengan tujuan menumbuhkan semangat berhaji sejak dini. 

Kegiatan simulasi manasik haji cilik ini diawali dengan pembiasaan pembacaan Asmaul Husna, Sholat Dhuha dan doa sebelum belajar. 

127 Peserta didik dibagi menjadi 9 kloter yang berasal dari negara Indonesia, India, Filipina, Brunei Darussalam, Malaysia, Rusia, Spanyol, Singapura dan Iraq. 

Pada pukul 07.30 masing-masing kloter berangkat menuju asrama haji Sukolilo dengan menggunakan armada pesawat Batavia, Air Asia, Citylink, Sriwijaya Air, Garuda Indonesia, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Nam Air. Mereka memulai miqat nya di atas pesawat di tengah perjalanan dan bacaan talbiyah bergema disepanjang perjalanan.

Rangkaian manasik mulai dari Thawaf, mencium hajar Aswad, berdoa di Multazam, sholat di maqam Ibrahim, Hijir Ismail, meminum air zamzam, Sa'i dilakukan secara 3 gelombang karena untuk dilakukan penilaian setiap kloternya. 

Kemudian setiap kloter beserta muthowwifnya berangkat menuju Padang Arafah mendengarkan khutbah dari Bapak Ahmad Hizbullah Fachry, S.Psi selaku Kepala SD BISMA DUA. Kloter yang tertib dan paling banyak membaca istighfar nya dipersilahkan untuk melanjutkan ke Muzdalifah guna pengambilan batu kerikil persiapan melontar jumroh.

Selesai melempar jumrah ula, wustha dan aqabah dan ditutup dengan tahallul, maka selesai sudah rangkaian simulasi manasik haji cilik ini. Selanjutnya makan bersama dan sholat Dhuhur berjamaah di masjid Al-Mabrur Sukolilo Surabaya.

Pukul 13.00 sampailah rombongan di sekolah nan hijau dengan disambut rintikan air hujan dengan harapan semoga kita bisa mengambil hikmah dari rangkaian kegiatan manasik haji meneladani kisah nabi Ibrahim dan nabi Ismail. Dan kita semua disegerakan bisa menjadi tamu Allah. Amiiiin ya Rabbal 'Alamin. 

Demikian, semoga bisa menjadi inspirasi dan bermanfaat untuk semua.

Tidak ada komentar:

 
 
Blogger Templates